Minggu, 06 September 2015

Pedoman Kartul kelas VIII



1.      Pendahuluan

Karya Tulis Ilmiah adalah karya tulis yang disusun menurut kaidah keilmuan dan ditulis berdasarkan kaidah Bahasa Indonesia, di bawah pengawasan atau pengarahan guru pembimbing. Kegiatan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) di SMP Labschool Jakarta merupakan salah satu syarat pemenuhan profil lulusan. Dengan kegiatan ini, siswa diharapkan memiliki pengalaman menulis ilmiah secara sederhana, berfikir runtut, dan memiliki keberanian menyampaikan pendapatnya melalui kegiatan presentasi di akhir kegiatan presentasi di akhir kegiatan sebagai bentuk dari aktualisasi dari apa yang telah dikerjakan.


Pedoman ini disusun oleh Tim Penyusun Pedoman Penulisan KTI SMP Labschool Jakarta. Pedoman ini diterbitkan dengan tujuan memberikan tuntunan kepada siswa agar dapat dengan mudah mengikuti tahap demi tahap dalam menyelesaikan penulisan KTI sesuai dengan ketentuan yang ada pada buku panduan ini.

2.1 Bagian Awal
Bagian Awal Tugas Akhir terdiri atas:
a.       Halaman Sampul
b.      Halaman Pengesahan
c.       Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
d.      Daftar isi
e.      Daftar Tabel (jika diperlukan)
f.        Daftar Gambar (jika diperlukan)
g.       Daftar Lampiran (jika diperlukan)
2.1.1 Halaman Sampul
Sebagai halaman terdepan yang pertama terbaca dari KTI, Halaman Sampul harus dapat memberikan informasi singkat kepada pembaca tentang karya ilmiah tersebut yang berupa judul, identitas penulis, institusi, dan tahun pengesahan. Ketentuan mengenai penulisan Halaman Sampul dapat dilihat pada butir 3.4. Contoh Halaman Sampul pada Lampiran 1.
2.1.2 Halaman Pengesahan
Halaman Pengesahan berfungsi untuk menjamin keabsahan karya ilmiah atau pernyataan tentang penerimaannya. Ketentuan mengenai penulisan Halaman Pengesahan dapat dilihat pada Lampiran 2.
2.1.3 Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
Halaman Kata Pengantar memuat pengantar singkat atas karya ilmiah. Halaman Ucapan Terima Kasih memuat ucapan terima kasih atau penghargaan kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan KTI. Sebaiknya, ucapan terima kasih atau penghargaan tersebut juga mencantumkan bantuan yang mereka berikan, misalnya bantuan dalam memperoleh masukan, data, sumber informasi, serta bantuan dalam menyelesaikan KTI. Ketentuan mengenai penulisan Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih dapat dilihat pada butir 3.6. Contoh Ucapan Terima Kasih dapat dilihat pada Lampiran 5.
2.1.4 Daftar isi
Daftar isi memuat semua bagian tulisan beserta nomor halaman masing-masing yang ditulis sama dengan isi yang bersangkutan. Ketentuan yang menyangkut penulisan Daftar Isi dapat dilihat pada butir 3.7. Contoh Daftar Isi dapat dilihat pada Lampiran 8.
2.1.5 Daftar Tabel, Daftar Gambar, dan Daftar Lain
Daftar table, gambar, dan daftar lain digunakan untuk memuat nama table, gambar, dan sebagainya yang ada dalam tugas akhir. Penulisan nama table, gambar, dan sebagainya menggunakan huruf capital di awal kata (title case). Ketentuan yang menyangkut penulisan derajat dapat dilihat pada butir 3.14.
2.2 Bagian Isi
Isi tugas akhir disampaikan dalam sejumlah bab. Pembagian bab dari pendahuluan sampai kesimpulan ditentuntukan sesuai kebutuhan, atau dengan peraturan yang terdapat pada butir 3.13.
2.3 Bagian Akhir
Bagian ini terdiri dari:
a.       Daftar referensi
b.      Lampiran (jika ada)

2.3.1 Daftar referensi
Daftar referensi merupakan daftar bacaan yang menjadi sumber, atau referensi, atau acuan dan dasar penulisan KTI. Daftar referensi ini dapat berisi buku, artikel jurnal, majalah, atau surat kabar, wawancara, artikel internet, dan sebagainya. Dianjurkan agar 70% daftar referensi yang digunakan adalah buku yang berhubungan dengan tema KTI.

2.3.2 Lampiran
Lampiran merupakan data atau pelengkap atau hasil olahan yang menunjang pernulisan KTI, tetapi tidak dicantumkan di dalam isi KTI, karena akan menganggu kesinambungan pembacaan. Lampiran yang perlu disertakan dikelompokkan menurut jenisnya, antara lain jadwal, table, daftar pertanyaan, gambar, grafik, desain.

Penulisan
Penampilan/Pewajahan merupakan faktor penting untuk mewujudkan KTI yang rapi dan seragam.

3.1 Kertas
Spesifikasi kertas yang digunakan:
-Jenis           : HVS
-Warna        : Putih polos
-Berat          : 80 gram
-Ukuran: A4 (21,5 cm x 29,7 cm)

3.2 Pengetikan
 Ketentuan pengetikan adalah sebagai berikut:
a)      Percetakan dilakukan pada satu sisi kertas (single side)
b)      Posisi penempatan teks pada tepi kertas: - Batas kiri : 4 cm (termasuk 1 cm untuk penjilidan) dari tepi kertas – Batas kanan : 3 cm dari tepi kertas – Batas atas : 3 cm dari tepi kertas – Batas bawah : 3 cm dari tepi kertas.
c)       Setiap halaman pada naskah Tugas Akhir, mulai abstrak sampai daftar referensi harus diberi “auto text” pada footer dengan tulisan SMP Labschool Jakarta (Times New Roman 10 poin cetak tebal), dituis pada posisi rata kanan (align right)
d)      Huruf menggunakan jenis huruf Times New Roman 12 poin (ukuran sebenarnya) dan diketik rapi (rata kiri – justify)
e)      Pengetikan dilakukan dengan spasi ganda (Line Spacing = double lines)
f)       Huruf yang tercetak dari printer harus berwarna hitam pekat dan seragam
3.3 Penomoran Halaman
Penomoran halaman tidak diberi imbuhan. Jenis nomor halaman ada dua macam, yaitu angka romawi kecil dan angka latin.
3.3.1 Angka Romawi Kecil
a.       Digunakan untuk bagian awal tugas akhir (lihat butir 2.1), kecuali Halaman Sampul.
b.      Letak: tengah 2,5 cm dari tepi bawah kertas.
c.       Khusus untuk halaman judul, penomorannya tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan dalam daftar isi.
3.3.2 Angka Latin
a.       Digunakan untuk bagian isi tugas akhir dan bagian akhir tugas akhir
b.      Letak: sudut kanan atas: 1,5 cm dari tepi atas kertas dan 3 cm dari tepi kanan kertas.
c.       Khusus untuk halaman pertama setiap bab, penomorannya diletakkan di tengah, 2,5 cm dari tepi bawah kertas
3.4 Halaman Sampul
Halaman sampul KTI, secara umum, mempunyai karakteristik sebagai berikut:
a.       Halaman sampul KTI (hasil) terbuat dari karton tenal dilapisi kertas linen (biru tua)
b.      Semua huruf dicetak dengan tinta kuning emas dengan spasi tunggal (line spacing = single) dan ukuran sesuai dengan contoh di Lampiran 1.
c.       Ketentuan halaman sampul:
-          Diketik simetris di tengah (center)
Judul tidak diperkenankan menggunakan singkatan, kecuali nama atau istilah (contoh: PT, UD CV) dan tidak disusun dalam kalimat tanya serta tidak perlu ditutup dengan tanda baca apapun.
-          Logo Labschool: logo Labschool UNJ dengan diameter 2,5 cm dan dicetak miring dengan warna emas, Judul KTI, Nama, NIP, SMP Labschool Jakarta, Yayasan Pembina Universitas Negri Jakarta, Tempat Bulan & Tahun disahkannya KTI dan dituliskan dalam angka dengan format 4 digit (contoh: Januari 2013)
-          Informasi yang dicantumkan pada punggung halaman sampul adalah: Nama lengkap, dan NIP siswa, Judul KTI, Tahun disahkannya KTI, Informasi yang dicantumkan seluruhnya menggunakan huruf besar, dengan jenis huruf Times New Roman 12 poin, dan ditulis di tengah punggung halaman sampul (center alignment)
3.5 Halaman Pengesahan
Halaman pengesahan KTI ditulis dengan spasi tunggal (line spacing = single). Tipe Times New Roman 12 poin sesuai dengan contoh pada Lampiran 5.
3.6 Kata Pengantar/Ucapan Terima Kasih
Halaman kata pengantar atau ucapan terima kasih, secara umum, adalah sebagai berikut:
a.       Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, spasi 1,5 (line spacing = 1,5 lines) dan ukuran sesuai dengan contoh pada Lampiran 5.
b.      Judul kata pengantar atau ucapan terima kasih ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin, dicetak tebal dan huruf besar.
c.       Urutan pihak-pihak yang diberi ucapan terima kasih dimulai dari pihak luar, lalu keluarga atau teman.
d.      Jarak amtara judul dan isi kata pengantar/ucapan terima kasih adalah 2 x 2 spasi.
3.7 Daftar isi
Halaman daftar isi secara umum adalah sebagai berikut:
a.      Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dengan spasi tunggal (line spacing = single)
b.      Khusus untuk judul tiap bab ditulis dengan Times New Roman 12 poin, dicetak tebal dengan huruf tebal (kapital).
c.       Contoh daftar isi dapat dilihat pada lampiran 8.
d.      Jarak antara judul dengan isi daftar isi adalah 3 spasi.
3.8 Daftar Table, Daftar Gambar, dan Daftar Lain
Ketentuan penulisan daftar gambar tugas akhir secara umum adalah sebagai berikut:
a.       Semua huruf ditulis dengan tipe Times New Roman 12 poin dalam spasi tunggal (line spacing = single) sesuai dengan contoh pada Lampira  9.
b.      Khusus untuk daftar gambar ditulis dengan Times New Roman 12 poin, dicetak tebal dengan huruf tebal (kapital).
3.9 Isi Tugas Akhir
Bagian tubuh/pokok memuat uraian/penjabaran yang dilakukan oleh penulis. Penjabaran mencakup tinjauan pustaka, metode penelitian, dan hasil serta pembahasannya. Sistematika yang dipakai dalam penulisan KTI adalah sebagai berikut:
1.       Pendahuluan
1.1   Latar belakang
Latar belakang menjelaskan tentang pentingnya pembahasan masalah atau alasan yang mendorong penulis untuk memilih tema/topik yang sudah dipilih. Mungkin juga berisi tentang tulisan yang ada yang sesuai dengan tema yang dipilih dengan berdasarkan tulisan yang sudah ada sebelumnya.
1.2   Perumusan Masalah
Tujuan penulisan adalah menjelaskan pokok-pokok atau hal-hal yang akan dikerjakan untuk memecahkan masalah. Tujuan akan memberikan arah yang lebih jelas/fokus pada permasalahan yang sedang dibahas. Memberikan gambaran tentang hasil-hasil yang akan dicapai.
1.3   Tujuan
Tujuan penulisan adalah menjelaskan pokok-pokok atau hal-hal yang akan dikerjakan untuk memecahkan masalah. Tujuan akan memberikan arah yang lebih jelas/fokus pada permasalahan yang sedang dibahas. Memberikan gambaran tentang hasil-hasil yang akan dicapai.
1.4   Ruang lingkup/Pembatan Masalah
Memberikan batasan tentang masalah yang sedang dibahas. Masalah yang sedang dibahas supaya tidak melebar ke masalah-masalah lain sehingga tidak fokus pada masalah yang diajukan.
1.5   Teknik Pengumpulan Data
Pada bagian ini menjelaskan tentang cara memperoleh data yang digunakan untuk memperkuat alasan dalam pembahasan masalah.
2.      Pembahasan
1.1   Landasan teori
Memaparkan tentang topik yang dibahas sesuai dengan teori-teori yang mendukung topic sudah dipilih. Paparan minimal dapat menjawab pertanyaan: apa?, bagaimana, dan untuk apa topik tersebut.

2.1   Analisi Interprestasi Opini
Menjelaskan masalah yang sudah dipilih berdasarkan pendapat pribadi sesuai dengan kajian teori yang sudah dipaparkan sebelumnya.
3.1 Ilustrasi, Tabel, Gambar, dll
Yang tergolong gambar, grafik, diagram. Ketentuan pembuatan tabel dan gambar adalah sebagai berikut:
·         Gambar, grafik, dan diagram diberi nama.
·         Penulisann nama tabel, gambar, dan lainnya menggunakan huruf besar di awal kata (title case).
·         Tabel dan gambar ditempatkan diantara bagian teks yang paling banyak membahasnya.
·         Nomor tabel dan gambar harus menyertakan nomor bab tabel dan gambar tersebut berada. Misalnya tabel 1.1 berarti tabel pertama yang berada di bab 1. Gambar diperlukan untuk memperjelas bahasan dan memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari penulis.

3.      Penutup
a.       Kesimpulan
Menjelaskan tentang analisis dari bab pembahasan secara lebih singkat. Kesimpulan adalah merupakan jawaban dari pertanyaan yang dikemukakan pada bagian pendahuluan. Kesimpulan disampaikan secara berurutan sesuai dengan pembahasannya.
b.      Saran-saran
Berdasarkan kesimpulan yang disampaikan kemudian penulis menyampaikan saran-saran untuk perbaikan. Saran-saran tersebut sebagai solusi untuk memecahkan masalah yang sedang dibahas.


This entry was posted in

16 komentar: